Tuesday, January 25, 2022

CARA PENGHITUNGAN GULUNGAN TRAFO KOTAK

 Inti trafo bekas yang terbuat dari besi sungguh sayang jika di buang. Inti Trafo dapat di manfaatkan untuk dibuat trafo lagi, mengingat harga trafo sekarang sangat mahal. Transformator banyak digunakan pada peralatan elektronika termasuk stavolt yang digunakan pada computer. 


Cara menggulungnya searah dengan jumlah gulungan disesuaikan tegangan yang dibutuhkan. Jumlah gulungan trafo untuk setiap 1 Volt adalah:

Jumlah lilit 1 V = (50 / diameter koker) + toleransi 10 %

Ukuran Koker dalam Cm dan diukur bagian dalamnya (bagian yang untuk menggulung lilitan.
Semakin besar inti trafo/ diameter koker jumlah lilitan makin sedikit.

Contoh:
Diketahui Lebar koker 3,5 Cm, Panjang 5 Cm.
Diameter koker 2x (3,5 + 5 Cm) = 17 Cm.
Jumlah lilit tiap 1 Volt= (50/ 17) + ((50/17) x 0,1))
                                       = (2,94) + (2,94 x 0,1) = 2,94 + 0,3
                                       = 3,24 lilit tiap 1 Volt.
Jumlat lilit untuk tegangan 220 V = 220 x 3,24 = 712,8  = 713 lilit.
Jumlah lilit Untuk tegangan 12 V  =    12 x 3,24 = 38,88 =   39 lilit.
Jumlah lilit untuk tegangan 3 V     =      3 x 3,24 = 9,72   =   10 lilit.

Tegangan dapat di buat bertingkat, perhatikan gambar :

 gambar gulungan trafo

Langkah Kerja:
1. Menyiapkan Inti Trafo yang berbentuk huruf E dan I.
2. Membuat koker trafo dengan bahan isolator. Paling mudah menggunakan PCB yang dilarutkan tembaganya.
3. Ukuran koker tergantung ukuran inti besi yang dipakai, sehingga ukuran koker diukur dengan inti trafo. Perhatikan gambar:




4. Potongan bagian-bagian koker di atas di susun dan diberi perekat lem castol/ Fox.


5. Kawat email digulung pada koker dengan arah gulungan tetap, dan jumlah lilitan sesuai kebutuhan tegangan.
6. Diameter kawat email akan menentukan arus out put trafo. makin besar diameter kawat, arusnya makin besar.
7. Antara lapisan gulungan primer dan sekunder diberi lapisan kertas minyak untuk mencegah kebocoran arus PLN masuk ke gulungan skunder.
 
Tabel garis tengah kawat

Garis tengah atau tebal
kawat (mm)
Kemampuan dilalui
arus ( A )
0,1
0,016 – 0,024
0,15
0,035 – 0,053
0,2
0,063 – 0,094
0,25
0,098 – 0,147
0,3
0,141 – 0,212
0,35
0,190 – 0,289
0,4
0,251 – 0,377
0,45
0,318 – 0,477
0,5
0,390 – 0,588
0,6
0,566 – 0,849
0,7
0,770 – 1,16
0,8
1,01 – 1,51
0,9
1,27 – 1,91
1
1,57 – 2,36
1,5
3,53 – 5,3
2
6,28 – 9,42
2,5
9,82 – 14,73
3
14,14 – 21,20
3,5
19,24 – 28,86
4
25,14 – 37,71

Menghitung diameter kawat Trafo.

Untuk menghitung diameter kawat yang diperlukan memerlukan beberapa rumus, dibawah ini rumus yang sederhana dan dapat digunakan untuk membuat trafo, perhitungan ini adalah pelengkap dari perhitungan sebelumnya dari “Cara menghitung lilitan kawat Transformator-2”, dengan dua bagian artikel ini anda dapat mempraktekkan untuk membuat trafo yang diperlukan. Minimal anda akan tahu berapa Amper yang diperlukan jika jika suatu rangkaian memerlukan  Voltase dan Watt yang diketahui, dengan ini Trafo tidak akan terlalu panas karena arusnya kurang atau tidak akan drop voltasenya.


Untuk mengtung diameter kawat :
I = W/ E
I = besar arus di Primer
E = Tegangan di Primer
W = Tenaga digulingan Primer

Untuk menghitung Primer belum diketahui dengan rumus :
W1 = 1.25 x W2
W1 = Tenaga Primer pada gulungan
W2 = Tenaga Sekunder pada gulungan

Untuk menghitung Tenaga Sekunder dengan rumus :
W2 = E2 x I2
W2 = Tenaga sekunder
E2 = Tegangan sekunder
I2= Arus sekunder

Hitung jika di perlukan transformator Tegangan 9 Volt dengan arus yang diperlukan sebesar 500 mA
I2 = 500 mA
E2 = 9 Volt
W2 = E2 x I2
W2 = 9 x 500 mA
W2 = 9 x 0.5 A = 4.5 Watt

Untuk menghitung besar diameter kawat Primer diketahui W2 = 4.5 Watt :
W1= 1.25 x W2
W1 = 1.25 x 4.5
W1 = 5.625 Watt = 5.6 Watt

Diketahui tegangan listrik 220 Volt, W1 = 5.6 Watt
W1 = Ix E1
I1 = W1/ E1
I1 = 5.6 / 220 = 0.025 A = 25 mA, besar diameter kawat yang diperlukan dapat dilihat di tabel kawat


Contoh lain :
Trafo daya sekunder trafo 12v , 30A
Maka hitung dulu daya sekundernya ;
12V X 30  = 360 W

Jadi arus yang diperlukan bagian primer :
360W : 220V  = 1,6 A        (lihat tabel)
sehingga bias diketahui bagian primer bias menggunakan kawat ukuran 0,9 – 1mm , dan bagian sekunder bias menggunakan kawat ukuran 4mm

The Four EV Charging Modes in the IEC 61851 Standard

 

In this article, we’ll look at different EV charging modes specified by the International Electrotechnical Commission (IEC).

International standards are being developed to answer the needs of the EV market. Global EV uptake depends on well-established international standards that can address the safety, reliability, and interoperability issues of the EV market.

In this article, we’ll look at different EV charging modes specified by the International Electrotechnical Commission (IEC). These modes are specified in the IEC 61851 standard that deals with electric vehicle conductive charging systems. The standard describes four different charging modes called mode 1, 2, 3, and 4.

The IEC has developed other standards that deal with other aspects of the EV charging technologies. For example, the IEC 62196 discusses plugs, socket-outlets, vehicle connectors, and vehicle inlets while the IEC 61980 deals with electric vehicle wireless power transfer (WPT) systems.   

 

Different Types of Cable Connections

The IEC 61851-1 describes three different types of connections as shown in the following figure:

 

The three main types of EV charging cables.

The three main types of EV charging cables. Image used courtesy of the University of Zagreb

 

With Case A, the cable is permanently connected to the EV but it is detachable at the charging station (also called EVSE—electric vehicle supply equipment) EVSE side. Case B specifies a cable that is detachable at both ends and Case C is a cable that is permanently connected to the EVSE.  

 

EV Charging Mode 1

With this mode, the EV is directly connected to a household socket. The maximum current of this mode is 16 A and its voltage should not exceed 250 V with a single-phase system and 480 V in the case of a three-phase network. 

 

The basic structure of an EV hooking up to a household socket.

The basic structure of an EV hooking up to a household socket. Image used courtesy of the University of Zagreb
 

Mode 1 is the simplest possible charging mode and does not support any communication between the EV and the charge point. This charging mode is prohibited or restricted in many countries.

 

EV Charging Mode 2

Household socket-outlets do not always provide electric power according to the actual standards. Besides, socket-outlets and plugs designed for household applications might not be able to tolerate continuous current draw at the maximum rated value.

That’s why connecting an EV to the socket-outlet for a long time with no control and safety functions can increase the risk of electric shock. To solve this problem, specialists developed charging mode 2 that uses a special type of charging cable equipped with an in-cable control and protection device (IC-CPD).

The IC-CPD performs the required control and safety functions. The maximum current of this mode is 32 A and its maximum voltage should not exceed 250 V single-phase or 480 V three-phase. Mode 2 can be used with both household and industrial sockets.

The safety functions of this mode can detect and monitor the protective earth connection. Over-current and over-temperature protection are two other safety functions that mode 2 supports. Moreover, the EVSE can perform functional switching as it detects connection to the EV and analyzes its charging power demand.

Charging mode 2 and the associated cable are shown in the following figure.

 

Charging mode 2 and associated cable

Charging mode 2 and associated cable. Image (modified) used courtesy of University of Zagreb and Ali Bahrami
 

While mode 2 can be used for private charging, its public use is subject to restrictions in many countries. 

 

EV Charging Mode 3

This mode utilizes a dedicated EVSE along with the EV on-board charger. The AC current from the charging station is applied to the on-board circuitry to charge the battery. Several control and protection functions are employed to guarantee public safety. These include verifying the protective earth connection and the connection between the EVSE and the EV.

Moreover, this mode can adjust the charging current to the maximum current capability of the cable assembly. The maximum current of this charging mode is 250 A with either a 250 V 1-phase or 480 V 3-phase network. It also supports an operational mode compatible with mode 2 where the maximum current is limited to less than 32 A for both 1-phase and 3-phase cases.

Any of the three possible connections (Case A, Case B, and Case C) can be used in this mode. Case B and Case C are shown below.

 

Case B and case C in charging mode 3.

Case B and Case C in charging mode 3. Image used courtesy of the University of Zagreb

 

Let’s see how this mode defines the communications between the charging station and the EV. The control pilot circuit of mode 3 is shown in the following figure.

 

Control pilot circuit of mode 3

Control pilot circuit of mode 3. Image (modified) used courtesy of Energies.

 

Depending on the status of the switches S1, S2, and S3, different voltage levels will appear at the “pilot contact.” This can be used as a representation of different charging stages. The EV can begin a charging cycle as follows:

Before plugging in the charging cable, the switches S2 and S3 are off and S1 is connected to the 12 V DC supply. In this case, the voltage that the EVSE measures at the pilot contact is 12 V DC (the EVSE realizes that the EV is not connected yet). 

After the charging cable is connected to both the EV and the EVSE, the controller on the EV side can turn on S3 to reduce the voltage of the pilot contact to about 9 V. This informs the EVSE that the cable is connected to both the EV and the EVSE. Moreover, the DC 9 V signal at the pilot contact tells the EV that the EVSE is not ready yet. 

When the EVSE is ready to charge the EV, it connects S1 to the oscillator. The PWM signal at the pilot contact tells the EV that the EVSE is ready. 

Then, the EV turns on S2 to create a voltage of about 6 V at the pilot contact to indicate that it is ready as well. The voltage that is created in this stage depends on the value of the R3 resistor. The value of this resistor specifies whether ventilation is required in this charging area or not. With R3=1.3 kΩ, the pilot contact voltage is about 6 V. This corresponds to charging areas where ventilation is not required. For areas that need ventilation, R3=270 Ω is utilized, which gives a pilot contact voltage of about 3 V.

When the vehicle is charged or wants to abort the charging cycle for any reason, it can turn S2 off. This changes the positive voltage level of the PWM to 9 V and informs the EVSE that the EV is not ready to get charged anymore.     

 

EV Charging Mode 4

This is the only charging mode that incorporates an off-board charger with a DC output. The DC current is delivered directly to the battery and the on-board charger is bypassed. This mode can provide 600 V DC with a maximum current of 400 A. The high power level involved in this mode mandates a higher level of communication and stricter safety features.

Mode 4 only allows a case C connection, where the charging cable is permanently connected to the charging station.

 

Mode four in a class C connection

Mode four in a class C connection. Image used courtesy of Ali Bahrami

 

Conclusion

The IEC 61851 standard deals with electric vehicle conductive charging systems. The standard describes four different charging modes—modes 1–4.

The first three modes deliver AC current to the EV on-board charger; however, mode 4 delivers DC current directly to the battery and bypasses the on-board charger. Mode 3 employs several control and protection functions with the goal of public safety. We examined the control pilot circuit of this mode in greater detail in this article.

32+ Skema Gulungan Mesin Air

 32+ Skema Gulungan Mesin Air memiliki karakteristik menarik sampai kelihatan elegan dan modern akan kita berikan buat kamu secara free rancangan skema mesin kalian bisa tercipta dengan cepat. Model menarik dapat kalian buat kalau kita pintar dalam membuat kreativitas yang berkaitan dengan teknologi terbaru. Oleh dari itu diharap model skema mesin yang akan kita bagikan berikut ini dapat memberikan tambahan ide untuk membuat skema mesin serta bisa memperingan kamu dalam pekerjaan skema mesin setiap hari.


rodjoelgroup 02 16 12
rodjoelgroup 02 16 12 Sumber rodjoelgroup.blogspot.com

CARA SKEMA MENGGULUNG DINAMO POMPA AIR
13 11 2020 Mas Mohon pencerahannya untuk skema gulungan pompa air di atas di situ dijelaskan ada lilitan 60 80 105 115 Apakah ke 4 lilitan tersebut nyambung antara lilitan terkecil menuju ke besar 60 ke 80 80 ke 105 105 115 atau tiap lilitan gabung ujung lilitan 60 

Wawan Elektro Sinjai Gulungan Motor Mesin Cuci
Wawan Elektro Sinjai Gulungan Motor Mesin Cuci Sumber wawan-electro.blogspot.com

CARA SKEMA MENGGULUNG DINAMO POMPA AIR SUKABUMI
Jika kita sudah mahir menggulung dynamo kipas angin menggulung dynamo lain seperti mesin cuci pompa air genset portable blower outdoor AC bahkan dynamo untuk peralatan industry tidaklah menjadi lebih sulit Kalau sudah sampai pada tahap ini bisa jadi hasilnya bisa lebih menjanjikan dibanding perbaikan tv SKEMA CARA GULUNGAN DINAMO 

rodjoelgroup 02 16 12
rodjoelgroup 02 16 12 Sumber rodjoelgroup.blogspot.com

CARA SKEMA MENGGULUNG DINAMO POMPA AIR SERVICE TV
26 03 2020 Mesin Coil Winding merk Palma adalah mesin yang berfungsi untuk Penyambungan kawat pada gulungan starter dilakukan secara SERI lihat gbr skema Untuk lebih jelas silahkan klik gambar skemannya 4 pompa air milik saya memiliki 3 gulungan utama dan 3 gulungan bantu

Bengkel e TV Sepur Mei 2020
Bengkel e TV Sepur Mei 2020 Sumber bengkeletvsepur.blogspot.com

Hobby Tehknis Elektronika SKEMA CARA MENGGULUNG
Jika kita sudah mahir menggulung dynamo kipas angin menggulung dynamo lain seperti mesin cuci pompa air genset portable blower outdoor AC bahkan dynamo untuk peralatan industry tidaklah menjadi lebih sulit Kalau sudah sampai pada tahap ini bisa jadi hasilnya bisa lebih menjanjikan dibanding perbaikan tv SKEMA CARA GULUNGAN DINAMO 

CARA MENGGULUNG DINAMO POMPA AIR SERVIS PENDINGIN DAN
CARA MENGGULUNG DINAMO POMPA AIR SERVIS PENDINGIN DAN Sumber leotehnik.blogspot.com

Gambar Dan Data Lilitan Pompa Air 125 200 Watt
Gambar Dan Data Lilitan Pompa Air yang akan saya berikan nantinya menurut kebiasaan saya bisa digunakan untuk berbagai macan merek pompa air Yang penting syarat utama harus terpenuhi Apa syaratnya yang pertama 1 adalah motor pompa air yang rusak harus sesuai dengan daya listrik sesuai judul posting kali ini yaitu 125 atau 200 watt 

 Mesin Pengubah Air Laut Asin Menjadi Air Tawar Bersih
Mesin Pengubah Air Laut Asin Menjadi Air Tawar Bersih Sumber share-ringtone.blogspot.com

Motor Listrik SKEMA CARA MENGGULUNG DINAMO KIPAS ANGIN
Penyambungan kawat pada gulungan starter dilakukan secara SERI lihat gbr skema Jika kita sudah mahir menggulung dynamo kipas angin menggulung dynamo lain seperti mesin cuci pompa air genset portable blower outdoor AC bahkan dynamo untuk peralatan industry tidaklah menjadi lebih sulit SKEMA CARA GULUNGAN DINAMO MESIN CUCI CARA 

ernest
ernest Sumber ernestboen.wordpress.com

 skema kapasitor bank
skema kapasitor bank Sumber balgen.blogspot.com

ALAT MESIN DEPOT AIR MINUM ISI ULANG TEKNISI Harga Mesin
ALAT MESIN DEPOT AIR MINUM ISI ULANG TEKNISI Harga Mesin Sumber equacoteknik.blogspot.com

Blog s Julius El Nino Soal UKP Dinas Jaga Part I II III
Blog s Julius El Nino Soal UKP Dinas Jaga Part I II III Sumber julius-elnino.blogspot.com

Fungsi Dan Cara Kerja Mesin Cuci
Fungsi Dan Cara Kerja Mesin Cuci Sumber smpn1tasikmalaya.blogspot.com

Teknik Pendingin Pengkondisian Udara AC 2
Teknik Pendingin Pengkondisian Udara AC 2 Sumber teknik-pendingin.blogspot.com

4 Cara mudah dan benar membalik putaran dinamo motor
4 Cara mudah dan benar membalik putaran dinamo motor Sumber www.kelistrikanku.com

MX Sistem Pengondisian Udara Pada Pesawat Terbang dimas
MX Sistem Pengondisian Udara Pada Pesawat Terbang dimas Sumber dimasabiyoga.wordpress.com

catatan adrian Antara AC dan Pemanas Air
catatan adrian Antara AC dan Pemanas Air Sumber irhamna-adrian.blogspot.com

Fungsi Dan Cara Kerja Mesin Cuci
Fungsi Dan Cara Kerja Mesin Cuci Sumber smpn1tasikmalaya.blogspot.com

Cara Kerja Mesin Cuci Top Loading Full Automatic
Cara Kerja Mesin Cuci Top Loading Full Automatic Sumber elektro-tehnik.blogspot.com

 Skema dan posisi pemasangan filter air di jaringan
Skema dan posisi pemasangan filter air di jaringan Sumber www.purewatercare.com

alat penghemat bbm Penghemat BBM Femax Fuel Saver
alat penghemat bbm Penghemat BBM Femax Fuel Saver Sumber penghematbbm-s.blogspot.com

BLOG TEKNIK VOKASI Penggunaan Motor Induksi 1 Fasa
BLOG TEKNIK VOKASI Penggunaan Motor Induksi 1 Fasa Sumber margionoabdil.blogspot.com

 air di bak mesin cuci tak bisa di buang tips dan triks
air di bak mesin cuci tak bisa di buang tips dan triks Sumber ketrampilanpekerjaanteknik.blogspot.com

1 comments
1 comments Sumber inspeksisanitasi.blogspot.com

Cara Kerja Chiller Fujico Water Chiller
Cara Kerja Chiller Fujico Water Chiller Sumber chillerfujico.blogspot.com

PENGEBORAN SUMUR JET PUMP DAN SUMUR ARTESIS CIREBON JASA
PENGEBORAN SUMUR JET PUMP DAN SUMUR ARTESIS CIREBON JASA Sumber jasaborartesis.blogspot.com

Wawan Elektro Sinjai Gulungan Motor Mesin Cuci
Wawan Elektro Sinjai Gulungan Motor Mesin Cuci Sumber wawan-electro.blogspot.com

Wawan Elektro Sinjai Beberapa Rangkaian Elektronik
Wawan Elektro Sinjai Beberapa Rangkaian Elektronik Sumber wawan-electro.blogspot.com

 Mesin sakti Mesin turbin air
Mesin sakti Mesin turbin air Sumber mesinsakti.blogspot.com

T Lab Mesin Kalor
T Lab Mesin Kalor Sumber catatan-teknik.blogspot.com

 Mesin Rojok Mikrotunneling Bor Horizontal YouTube
Mesin Rojok Mikrotunneling Bor Horizontal YouTube Sumber www.youtube.com

Wawan Elektro Sinjai Gulungan Motor Mesin Cuci
Wawan Elektro Sinjai Gulungan Motor Mesin Cuci Sumber wawan-electro.blogspot.com

Gambar Setrum Ikan Elektronik Mas Dennes Platina Air Payau
Gambar Setrum Ikan Elektronik Mas Dennes Platina Air Payau Sumber rebanas.com

Cara pasang pompa pendorong air PAM dengan pompa air YORK
Cara pasang pompa pendorong air PAM dengan pompa air YORK Sumber www.youtube.com

FILTER AIR SIMUR
FILTER AIR SIMUR Sumber bubuhankampung.blogspot.com

grosir depo air minum isi ulang reverse osmosis murah
grosir depo air minum isi ulang reverse osmosis murah Sumber airminumblue.blogspot.com

Membuat Konverter Kit LPG untuk Genset atau Mesin
Membuat Konverter Kit LPG untuk Genset atau Mesin Sumber infoporis.blogspot.com

loading...

SYARAT PEMASANGAN SOLAR PANEL ATAP (SOLAR ROOFTOP)

  SYARAT PEMASANGAN SOLAR PANEL ATAP (SOLAR ROOFTOP) Penggunaan Solar panel atap (Solar Rooftop) terus meningkat seiring dengan manfaat yang...